ARTIKEL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA



ARTIKEL
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

ANALISIS UPAYA PENINGKATAN IPM DI KABUPATEN BOYOLALI

DISUSUN OLEH
NAMA                 : MILENIA DWI WINDASARI
NIM                    : 17102241001
KELAS                 : PLS 17 A

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2018


Kabupaten Boyolali

Kabupaten Boyolali adalah salah satu kebupaten yang berprovinsi di jawa tengah. Jika dari utara berbatasan dengan Kabupaten Semarang, dari selatan berbatasan dengan Kabupaten Klaten, dari timur berbatasan dengan kabupaten karang anyar, dan dari Barat berbatasan dengan Kabupaten Magelang.
Berikut indeks pembangunan Manusia di Jawa Tengah



Berkaitan dengan Indeks Pembangunan Manusia, sudah banyak kabupaten kabupaten dijawa tengah yang sudah maju namun pula masih banyak yang tertinggal karena letak tempat yang kurang aksesnya pemerintah kabupaten setempat. Berikut Indeks pembangunan Manusia Di Kabupaten Boyolali


Tak lepas dari kemajuan pasti ada sebab akibat dan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat juga beda pula penyebabnya dan cara penanganan atau solusi yang diberkan. Berikut permasalahan mengenai IPM yang ada di Kabupaten Boyolali.

1.       Permasalahan pendidikan di Kabupaten Boyolali
Di Kecamatan-kecamatan Boyolali tepatnya dibagian utara dan bagian Barat masih banyak terdapat angka putus sekolah yang lumayan tinggi. Ketua Lembaga Penelitiann dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Boyolali, Bramastia menilai Masalah ini dikarenakan pemerintah kurang turun kelapangan untuk menemukan khasus semacam itu. Ini menjadi bukti, pemerintah kurang melihat kondisi riil. Secara normatif, Pemda Boyolali wajib mencari solusi dan masalah daerah rawan putus sekolah mestinya menjadi program prioritas. Berikut IPM dikabupaten Boyolali :



2.       Permasalahan harapan hidup di Kabupaten Boyolali
Kini angka kematian makin meningkat, biasanya kematian terjadi pada kasus ibu yang meninggal disaat melahirkan. Kejadian itu disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang sering terjadi faktor dari ibu yang sedang mengandung tersebut belum mencukupi kebutuhan janin yang mengakibatkan melemahnya janin. Kemudiaa selain itu kondisi ibu sendiri juga kekurangan gizi untuh kekeblan tubuhnya sendiri.berikut IPMnya :



Upaya Penyelesaian Masalah

1.       Penyelesaian masalah pendidikan (penurunan angka putus sekolah).
Mahasiwa yang berdomisili diboyolali yang merasa peduli dan iba pada anak-anak yang putus sekolah  berinisiatif mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa boyolali yang kuliah di yogyakarta, semarang, dan solo raya untuk setiap hari sabtu minggu mengadakan kegiatan mahasiswa mengajar yang mana bertempatkan dibalai balai desa maupun kecamatan. Yang mana program ini bukan hanya ditujukan pada anak anak yang putus sekolah. Namun juga untuk anak-anak lain yang pada umumnya. Kegiatan ini juga berdasarkan kurikulum namun kurikulumnya tidak seformal seperti yang ada pada sekolah-sekolah
 Namun tak menutup kemungkinan untuk para mahasiswa yang berkuliah diluar jawa tengah untuk berpartisipati dan turut andil dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini tak hanya berpacu pada sd, smp, namun juga sma/smk yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang berikut para mahasiswa membantu mempersiapkan pengetahuan latihan tes (sbmptn maupun utul).

2.       Penyelesaian masalah harapan hidup.
Karena tingkat kematian saat ibu melahirkan tinggi banyak warga yang berinisiatif untuk memberi tanda siapa saja yang sedang hamil. Misalnya memberi bendera didepan rumah ibu tersebut. Agar warga peduli atau tau kalau ada yang sedang hamil dan warga bisa memberikan perhatian dan turun menjaga maupun memberi support pada si ibu tersebut. Jadi bisa menumbukan sikap toleransi dan sikap kepedulian antar warga.


Kesimpulan

Dalam permasalahan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor faktor permasalahan yang ada diatas merupakan faktor kendala ekonomi yang mengalami keterbatasan (lemah) namun ekonomi tersebut dapat diatasi melalui kekreatifan warga lokal untuk mengembangkan potensi lokal maupun berkerajinan untuk meningkatkan perekonomian.

Dalam solusi diatas terdapat pula pentingnya menjaga dan ikut turut andil dalam hal apapun. Terutama kesukarelaan menolong anatar warga. Dalam hal ini juga kita sebagai masyarakat tidak harus selalu mengandalkan pemerintah untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi, namun dengan sumber daya manusia yang ada disekitarpun juga bisa dimanfaatkan untuk menyejahterakan kehidupan.





https://imadiklus.com
http://pendidikan-luar-sekolah.fip.uny.ac.id/
fip.uny.ac.id/
www.boyolalikab.go.id/
  



Komentar

Postingan Populer